Welcome to our site

welcome text --- Nam sed nisl justo. Duis ornare nulla at lectus varius sodales quis non eros. Proin sollicitudin tincidunt augue eu pharetra. Nulla nec magna mi, eget volutpat augue. Class aptent taciti sociosqu ad litora torquent per conubia nostra, per inceptos himenaeos. Integer tincidunt iaculis risus, non placerat arcu molestie in.

Ratini / Mancumani Noratini

Rabu, 02 Maret 2011


Pada masyarakat Kulawi upacara yang berlangsung pada masa ini terdiri atas beberapa jenis upacara selamatan tradisional yang disebut mancumani antara lain : Mancumani Noratini, Mancumani Ratompo, Mancumani Rakeho, Upacara Penutupan. Dari semua upacara masa ini yang disebut dengan Upacara Mancumani saja. Keempat jenis upacara tersebut secara terpisah diuraikan berturut-turut di bawah ini.
Pengertian upacara ini adalah membersihkan alat kelamin. Upacara ini menurut tradisi setempat hanya bagi laki-laki yang telah mulai memasuki alam kedewasaan. Bagi anak perempuan upacara ini tidak diadakan. Dengan kata lain bahwa upacara ini dilaksanakan apabila yang diupacarakan itu sudah benar-benar telah memasuki alam kedewasaan. Tujuan dan maksudnya dari upacara Ratini adalah sudah merupakan suatu tradisi setempat bila seseorang anak telah menjelang dewasa, juga merupakan motivasi yang mendorong penyelenggaraan upacara ini bahwa anak sesudah diratini sudah meninggalkan sifat-sifat kekanak-kanakan dan telah mempunyai sifat-sifat malu. Juga adanya anggapan masyarakat setempat bahwa setelah anak dikhitan maka mulailah belajar memakai hirita (cawat).

0 komentar:

Posting Komentar