Welcome to our site

welcome text --- Nam sed nisl justo. Duis ornare nulla at lectus varius sodales quis non eros. Proin sollicitudin tincidunt augue eu pharetra. Nulla nec magna mi, eget volutpat augue. Class aptent taciti sociosqu ad litora torquent per conubia nostra, per inceptos himenaeos. Integer tincidunt iaculis risus, non placerat arcu molestie in.

Situs Bekas Istana Raja Mori

Sabtu, 05 Maret 2011














Letak Situs
Secara administrasi rumah bekas Istana Raja Mori terletak di desa Kolonedale Kecamatan Petasia Kabupaten Morowali Propinsi Sulawesi Tengah. Koordinat situs ini berada pada posisi astronomi 1°52 detik garis lintang selatan dan 121°15 detik bujur timur dengan ketinggian kurang lebih 20 meter dari permukaan laut dari desa Kolonedale dapat dicapai dengan kendaraan roda dua atau roda empat dengan jarak tengah kurang lebih 431 km.
Latar Belakang Sejarah
Dalam buku perlawanan sejarah Witamori disebutkan bahwa sekitar abad XV-XVI Kerajaan Luwu menguasai Kolonedale Kerajaan Mori, Bungku dan diwajibkan membayar upeti pada Datu Luwu di Palopo dan Witamori melepasakan diri dari kekuasaan Datu Luwu dan bergabung dengan Kesultanan Ternate. Pada tanggal 21 April 1906 belanda menawarkan perjanjian damai dengan Witamori yang dikenal dengan Perdamaian Wawombau tahun 1907 belanda kembali menyerang kerajaan Mori pertahanan Raja Marunduh dibenteng Wulanderi dikuasai Belanda, Raja Marunduh tewas bersama Putera Mahkota Pangeran Lawolio pada tahun 1907- 1925 usai perang terbentuk swapraja yang dibagi 4 distrik pada waktu itu Distrik Korolalaki dipimpin oleh Makole Endi Kamesi dan pada tahun 1926 Makole Endi Kamesi diganti oleh Owolu Marunduh sampai dengan tahun 1950. sejak itu kedudukan swapraja dipindahkan ke Kolonedale dan Belanda membangun fasilitas istana raja pelabuhan, rumah sakit, asrama militer dan stasiun radio. Berdasarkan rekomendasi Bupati Poso Nomor 012/0152/DP tanggal 27 Mei 1997 tentang pemberian wewenang sepenuhnya Situs Istana Raja Mori kepada DEPDIKBUD
Surat pernyataan putera ahli waris Awolu Marunduh dengan ikhlas menyerahkan Istana Raja Mori ke Pemda Poso tanggal 5 September 1997

Deskripsi Situs
Istana Raja Mori terletak di atas bukit kurang lebih 25 m dari permukaan laut dengan arah hadap timur laut, Denah bangunan istana raja mori dengan luas lokasi 960², depannya 34 m, belakangnya 30 m, samping kiri 30 m, samping kanan 30 m, denah bangunan berbentuk segi empat persegi panjang ukuran 12x12 m dan 5 x 14 m terdiri dari bangunan induk dan anak  bangunan dibangun diatas pendasi beton ukuran tinggi maksimum 1,17 m dan minimum 1,08 m dari muka tanah.

0 komentar:

Posting Komentar