Welcome to our site

welcome text --- Nam sed nisl justo. Duis ornare nulla at lectus varius sodales quis non eros. Proin sollicitudin tincidunt augue eu pharetra. Nulla nec magna mi, eget volutpat augue. Class aptent taciti sociosqu ad litora torquent per conubia nostra, per inceptos himenaeos. Integer tincidunt iaculis risus, non placerat arcu molestie in.

Rumah Tradisional Tambi

Sabtu, 05 Maret 2011


















Letak Situs
Rumah tradisional tambi terletak di desa Doda, kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso, Propinsi Sulawesi Tengah. Jarak tempuh kurang lebih 168 kilometer dari Palu. Salah satu hambatan untuk mencapai situs adalah keadaan jalan yang kurang terawat, sehingga membutuhkan waktu agak lama.
Latar Belakan Sejarah
Salah satu ciri khas perkembangan tradisional di Indonesia adalah penduduknya yang mendiami rumah-rumah panggung beratap rumbia, bambu, dan ijuk. Namun rumah bentuk itu sudah jarang dijumpai. Demikian pula di Kecamatan Lorre utara, rumah Tradisional Tambi tinggi salah atunya terdapat di Doda sekarang ini
Bangunan Tambi didirikan pada Tahun 1867 oleh Langimpu pada itu memangku jabatan sebagai Bitu Magau (Kepala Distrik). Pada tahun 1928 langimpu wafat,  dan bangunan Tambi diwariskan kepada Istrinya yaitu Inana Masina sampai tahun1942 kemudian dari tahun 1942 – 1982, Tambi dihuni oleh anak Langimpu yaitu Inana Inene. Setelah itu Tambi tidak dihuni lagi, akan tetapi dirawat oleh cucumya Langimpu yang bernama Inana Benu. Karena kondisi tambi semakin rusak karena dimakan usia, maka atas nama ahli waris dan masyarakat Doda pada tanggal 21 Juli 1993 bangunan Tambi diserahkan oleh Kepala Desa Doda kepada pemerintah dalam hal ini Departemen Pendidikan dan Kebudayaanuntuk ditangani.
Deskripsi Rumah Tadisional Tambi
Tambi adalah bangunan dengan konstruksi rumah panggung (berkolong), memiliki daerah persegi panjang. Ukuran bangunan adalah lebar 5 meter panjang 7 meter, serta tinggi bangunan 6,20 meter
Salah satu keunikan tambi adalah konstruksi dasarnya. Kayu yang digunakan pada konstruksi dasarnya dipilih betul-betul kering dan lurus, sehingga tejadinya penyimpanan berat dapat dihindari. Semua tiang panggung yang difungsikan sebagai penopang lantai berbentuk bulat tanpa pola hias.

0 komentar:

Posting Komentar